Minggu, 31 Maret 2013

CARA MEMBUAT DAN MENGGUNAKAN BRIKET ARANG DI DALAM MANAJEMEN PROYEK


Bahan Bakar Briket Arang
Teknik Sipil - Kayu bakar mahal dan meminta kerja keras untuk mengumpulkannya. Disamping itu, kayu bakar menghasilkan banyak asap. Briket arang adalah bahan bakar untuk memasak yang tahan lama dan menghasilkan sedikit asap. Briket arang dapat dibuat dengan mudah dan menggunakan bahan-bahan lokal didalam manajemen proyek.

Membuat Briket Arang
Langkah-langkah untuk membuat briket arang adalah sebagai berikut:
  1. Potong ujung drum. Balikkan, lalu potong lingkaran kecil, selebar 20 cm, di tengah-tengah tutup ujung yang lain. Pastikan tepiannya yang tajam dilekukkan ke dalam didalam manajemen proyek.
  2. Isi drum dengan daun-daun bambu yang segar, pecahan batang bambu yang tipis (tidak kering), tempurung kelapa dan sabutnya, sekam kopi, sekam padi, dedaunan(daun bambu yang terbaik). Bakar bahan-bahan tersebut dengan perlahan dan sekali-kali aduk api dengan batang kayu melalui lubang atas drum. Sekali-sekali, cipratkan air untuk memperlambat proses pembakaran. Tambahkan sisa bahan-bahan kalau ada. Ketika semua bahan telah terbakar dan menjadi potongan-potongan arang hitam, matikan api dengan air. Arang hitam akan tertinggal di bawah didalam manajemen proyek.
  3. Buat perekat. Lumatkan beberapa singkong segar dan ambil santannya. Tambahkan air untuk membuat lem/ perekat yang kental. Atau, hancurkan batang singkong, taruh dalam ember (tidak termasuk kulitnya) dan campur dengan air. Biarkan campuran mengendap. Campuran itu akan terpisah menjadi air pada atasnya dan perekat berada di bawah. Tuangkan air keluar sehingga yang tertinggal hanya perekatnya.
  4. Campur arang hitam dengan lem/ perekat singkong. (90 sampai 95% arang dan 5 sampai 10% perekat singkong.) Letakkan campuran ini ke dalam cetakan, lalu jemur di bawah sinar matahari sampai kering didalam manajemen proyek.

Menggunakan Briket Arang
Briket arang dapat digunakan untuk memasak dengan api terbuka, tungku atau oven tanah liat. Briket arang akan terbakar perlahan-lahan dan menghasilkan panas yang konstan didalam manajemen proyek.

Mulailah membuat api kecil dengan batang kayu lalu tambahkan briket arang ketika api mulai menyala. Perlahan briket akan terbakar dengan sendirinya didalam manajemen proyek.

Tambahkan beberapa batang kayu lagi jika Anda perlu meningkatkan panas, dan tambah lagi briket arang jika diperlukan didalam manajemen proyek.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates